Use your widget sidebars in the admin Design tab to change this little blurb here. Add the text widget to the Blurb Sidebar!

Profile Program Studi Teknik Industri (S1)

Posted: September 11th, 2020 | Author: | Filed under: INFORMASI, PENDIDIKAN | No Comments »

UBSI adalah salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi yang berkelas dan berkualitas. Salah satu prodi tersebut adalah Program Studi Teknik Industri UBSI.

Program studi Teknik Industri termasuk dalam Fakultas Teknik dan Informatika UBSI, Pada program studi yang satu ini dipelajari berbagai ilmu mengenai teknologi industri secara spesifik.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa program studi Teknik Industri terbaik UBSI, artikel ini sangat wajib Anda baca hingga selesai. Berikut akan kami tampilkan informasi mendetail mengenai program studi Teknik Industri dari UBSI.

Mengenal Lebih Dalam Teknik Industri UBSI

Sebagaimana Teknik Informatika yang khusus mempelajari komputer dan sistemnya, Teknik Industri UBSI memiliki fokus pada bidang perindustrian. Program studi yang satu ini mempelajari berbagai aspek sekaligus terkait industri seperti manusia, perekonomian, dan proses produksi.

Berbeda dengan yang selama ini dipahami oleh orang bahwa Teknik Industri berkaitan dengan kelistrikan, sebenarnya prodi ini mempelajari ilmu produksi pada perusahaan. Namun begitu mempelajari Teknik Industri lebih rumit dari sekedar mempelajari jurusan Manajemen.

Ya, hal ini dikarenakan Teknik Industri memiliki mata kuliah matematika yang pendekatannya lebih ke Matematika IPA daripada Matematika Bisnis. Berbagai hal yang dipelajari pada prodi ini juga tak jauh dari ilmu memperhitungkan sesuatu dengan kalkulasi yang tepat.

Singkatnya, apapun yang dipelajari pada program studi terbaik UBSI yang satu ini berkaitan dengan teknik dan proses produksi serta pengelolaan perusahaan. Bagi Anda yang berminat, bisa segera mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Teknik Industri UBSI.

Mata Kuliah Pada Teknik Industri UBSI

Ketika masuk Teknik Industri UBSI, Anda akan diajari bagaimana cara mengelola sebuah pabrik atau unit produksi perusahaan agar berfungsi secara maksimal. Hampir seperti prodi Manajemen, Teknik Industri harus mengerti tata kelola unit produksi tersebut.

Dan nantinya jika terdapat masalah terkait produksi, maka Teknik Industri bertugas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Contohnya, jika terjadi masalah listrik maka lulusan Teknik Industri harus menghubungi teknisi listrik untuk memperbaikinya.

Dan demi mencapai proses pembelajaran yang efektif, maka ada beberapa mata kuliah yang harus diikuti oleh semua mahasiswa Teknik Industri. Berikut ini diantaranya :

  1. Fisika Dasar
  2. Kimia Dasar
  3. Matematika Dasar
  4. Statistika Industri
  5. Elektronika Industri
  6. Kalkulus
  7. Proses Manufaktur
  8. Manajemen
  9. Pemasaran
  10. Pengantar Rekayasa dan Desain
  11. Pengantar Teknologi Informasi, dsb

Prospek Kerja Dari Teknik Industri UBSI

Sebagai calon mahasiswa dari Teknik Industri UBSI, tentu saja Anda bertanya-tanya apa saja prospek kerja Teknik Industri UBSI. Apakah prospek kerja dari program studi ini cerah?

Jawabannya : ya, karena di Indonesia sendiri lulusan dari Teknik Industri yang ahli sangat dibutuhkan keberadaannya. Terkait dengan pekerjaan apa saja yang bisa dihandle lulusan Teknik Industri, berikut ini ulasannya dari kami :

  1. Human Resource Development (HRD / Manajer SDM)

Salah satu bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Industri adalah Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resource Development (HRD). Tugas utama dari HRD adalah seeking for employees atau melaksanakan rekrutmen.

Lalu apakah berhenti hingga rekrutmen saja? Tentu saja tidak. Seorang HRD harus memilih seseorang yang kompeten di bidangnya agar nantinya bisa membantu proses produksi perusahaan dengan lebih maksimal.

Tak hanya itu, Manajer SDM juga harus bisa melakukan konsolidasi terhadap tiap personal yang merupakan bagian dari perusahaan. Hal ini bertujuan agar suasana kerja perusahaan bisa berjalan secara maksimal.

  1. Sistem Manufaktur

Prospek kerja lainnya dari program studi Teknik Industri adalah Sistem Manufaktur perusahaan. Teknik Industri yang sudah familiar dengan matematika teknik nantinya akan berhadapan dengan permasalahan kuantitatif perusahaan.

Seperti dari sisi ekonomi, teknik, hingga sistem produksi perusahaan yang memang harus dikalkulasi sebenar-benarnya. Tugas bagian Sistem Manufaktur selanjutnya adalah menciptakan keseimbangan di bidang teknik dan sumber daya lain perusahaan dengan proses produksi yang dilakukan.

Oleh karena itu sebagai karyawan di bidang ini, diperlukan pemahaman yang baik terkait operasional perusahaan. Dengan begitu terjadi keselarasan terhadap aspek input dan output yang digunakan perusahaan dalam memperoleh laba yang diharapkan.

  1. Manajemen Industri

Salah satu prospek kerja dari Teknik Industri yang tidak kalah pentingnya yaitu Manajemen Industri. Pekerja di bidang Manajemen Industri memiliki fokus pada proses kegiatan industri atau operasional yang dilakukan perusahaan.

Karena dunia pekerjaan semakin kompetitif, lulusan Teknik Industri diharapkan bisa menjadi pionir di bidang Manajemen Industri. Mereka diharapkan mampu menganalisis dan mengelola informasi terkait operasional perusahaan untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Pekerjaan di bidang Manajemen Industri berarti juga berkaitan dengan proses perencanaan kegiatan industri untuk keuntungan perusahaan di masa depan. Manajemen Industri mengkombinasikan antara bidang kemanusiaan, ekonomi, dan industri sekaligus.

Itulah beberapa prospek kerja dari program studi Teknik Industri milik UBSI. Dan kami sangat merekomendasikan Anda untuk menjadi bagian dari keluarga kampus maju teknologi UBSI nantinya.

UBSI, Kampus Dengan Sistem Yang Integratif

UBSI atau Universitas Bina Sarana Informatika merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dengan sistem yang integratif. UBSI memiliki berbagai lembaga unit bagian yang akan membantu proses pendidikan seperti Entrepreneur Center, Career Center, hingga Start Up Center.

Dengan berbagai lembaga unit bagian tersebut, maka kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan dosen menjadi lebih kondusif. Anda sebagai mahasiswa UBSI nantinya juga akan lebih mudah mengakses sistem pendidikan online kampus melalui website bsi.ac.id.

Itulah ulasan lengkap mengenai program studi Teknik Industri UBSI hingga pembahasan mengenai prospek kerjanya. Dengan demikian, jangan ragu lagi untuk mendaftar ke UBSI. Daftar sekarang juga dan jadilah bagian dari keluarga UBSI yang mengedepankan pendidikan yang berkualitas.

 


Comments are closed.